Senin, 06 April 2015

Pentingnya Obat Herbal Bagi Kesehatan Kita

Sekilas Mengenai Obat Herbal

obat-herbal


Obat herbal telah digunakan selama ribuan tahun dan sangat dikenal sangat efektif dalam menyembuhkan banyak penyakit. Obat herbal, yang juga disebut obat tradisional atau obat alami merupakan suatu sistem pegobatan yang merujuk pada penggunaan tanaman biji, buah, akar, daun, kulit kayu atau bunga untuk tujuan pengobatan. Yang mana Ini merupakan sistem pengobatan yang paling tua dan paling banyak digunakan saat ini. Penggunaan tanaman obat merupakan bagian penting dari pengobatan tradisional meskipun perkembangan obat-obatan modern telah semakin banyak mengalami peningkatan.
Diperkirakan ada sekitar 250,000-5000,000 spesies tanaman di bumi yang mana sebagian besar dari spesies tersebut dapat digunakan sebagai pengobatan.

Mengapa tanaman obat sangat bermanfaat bagi tubuh?

Diantara alasannya karena tanaman obat mengandung banyak sekali senyawa biologis aktif seperti karbohidrat, protein, enzim, lemak dan minyak, mineral, vitamin, terpenoid flavenoids, karotenoid, sterol, tanin, saponin, polifenol, dll, yang mana senyawa-senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yang terdapat di dalam obat herbal, diantaranya bahwa obat herbal terkadang memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat banyak sehingga dalam proses penyembuhan obat herbal tidak hanya fokus pada satu penyakit yang dikeluhkan oleh seseorang yang dia rasakan saat itu, akan tetapi kandungan senyawa aktif yang bayak terkandung di dalamnya secara tidak langsung mampu memberikan manfaat untuk menyembuhkan penyakit lain yang mana penyakit tersebut belum dirasakan oleh seseorang.
Disisi lain obat herbal didalam proses penyembuhan dengan cara membangun sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi dari penyakit yang ada dan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit, berbeda halnya dengan pengobatan medis terkadang pengobatannya hanya terfokus dengan satu atau beberapa penyakit saja dan penanganannya harus dengan resep dokter karena kalau salah dalam memakainya bahkan akan menimbulkan dampak penyakit lain yang lebih besar. Sehingga obat herbal merupakan solusi pengobatan tanpa meninggalkan efek samping yang jelek.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. http://nepamekar.com/ Ramuan obat herbal yang diracik dari dedaunan tanaman, kulit kayu, buah, bunga, dan akar-akaran wangi telah digunakan sejak zaman nenek moyang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, peredaran suplemen herbal tidak diatur seketat obat-obatan medis oleh BPOM.

    BalasHapus